Yogyakarta, Novemeber 2010

1
Waktu itu kampusku lagi sibuk-sibuknya UTS. Sahabatku, si Ayu lagi sakit dan harus diopname di RS untuk beberapa minggu. Aku, Butet dan beberapa teman lainnya mendapat giliran buat nungguin dia. Ceritanya kita shift-shiftan gitu.. Waktu giliranku di RS tiba-tiba aku di-SMS adikku,
“Inang, kau di mana? Kita ngungsi yuk.. Sa takut.”
“Di RS. Ada jaga Ayu.”
“Saat-saat genting begini kau masih sibuk ke RS. Pulang su, kita pergi sa dari Jogja ni.”
Awalnya lucu. Kok ngungsi?? Genting lagi bahsanya.. Lebay banget! Emang sih Merapi lagi nggak stabil, tapi tuh hujan abu vulkaniknya biasa aja kok.. Berikutnya ada SMS lagi dari anak-anak kampus bilang kalo UTS ditunda sampe ada kabar selanjutnya. Kampus diliburkan gitu. Aku tuh bingung ini kenapa sih?
Ternyata pas keluar dari RS baru aku sadar, ternyata hujan abu vulkanik tuh dahsyat banget. Udah berasa kek hujan salju. Langsung “ngeri” waktu itu.
Sorenya aku ditelpon orang rumah. Mamaku mau aku balik dulu, nanti kalo udah aman baru balik Jogja. Pertama sempat pingin juga sih. Apalagi semua penghuni Wisma Retno Putri berencana untuk melakukan gerakan kabur masal dari Jogja. Dan beberapa hari berikutnya rencana itu terealisasi. Tinggal aku sebatang kara.. Crying face Aku mikirnya kalo pulang pasti cuma sebentar. Buang-buang duit aja, tiket pun pasti mahal banget. Ya sudahlah… Dan keputusannya adalah Nowhere to Go, I Stay Here.
2
Besoknya aku ngajakin teman-teman UKM Katolik UPN yang masih stay di Jogja buat ngumpulin bantuan untuk korban Merapi. Sorenya bantuan mulai terkumpul ada yang bawa pakaian bekas layak pake, ada yang bawa makanan dan uang. Kami juga menampung sumbangan dari teman-teman lain, bapak-bapak, ibu-ibu yang susah nyari tempat menyalurkan bantuannya. Tidak sedikit juga anak kost yang ngasih kertas/buku bekas untuk kami timbang lalu uangnya untuk sumbangan.
Anggota tetap kami ada aku, Monic, Kristin, Ayu Leba, Elis, Mas Angga, Rubi, Nunik, Alex, Teta, Mas Frans, Brigitta dan Celine.. Tiap hari anggota kami berubah ada kala bertambah ada juga yang berkurang. Beberapa team kami yang lain adalah Yoddi, Rano, Vande, Eci, Kak Sari, Mbak Emma, Adel, Shandy dan Wulan.
Waktu itu rencananya kami cuma mengumpulkan sumbangan aja, nanti baru kami serahkan dalam bentuk sembako. Tapi setelah tahu kalo kampus kami juga jadi posko pengungsi Merapi rencana kami berubah. Waktu itu, aku, Monic & Kristin ‘ndaftar buat jadi sukarelawan di posko kampus kami tapi katanya udah banyak banget jadi kalo mau kami ke posko lain aja. Soalnya memang waktu itu banyaaaaakk banget anak UPN yang berpartisipasi.
3
Besoknya kami (UKM Katolik) diminta sama panitia posko UPN buat meng-handle anak-anak di posko yang beragama Katolik waktu jam PIA (Pendampingan Iman Anak. Waktu dikasihtahu aku seneeenngg banget. Akhirnya kami bisa berpartisipasi. Ngurusin anak-anak pula.. ehm gue banget tuh.. secara aku sukaaaa banget sama anak-anak. Smile
Tanpa pikir panjang kami menyanggupi tawaran dari mbak-mbak itu, kalo ga salah nama mbaknya Fatimah. Hehe.. (ga penting). Besoknya 3 dari kami diminta ikut technical meeting jam 12.30 buat ngebahasin teknis PIA-nya. Setelah dapat tawaran itu, kami mulai rencanakan anggaran belanja dari sumbangan yang ada. Waktu itu total sumbangan yang berhasil kami kumpulkan adalah Rp 3juta. Surprised smile Hasil rapat kecil itu: Rp 900 ribu akan kami pake buat belanja kebutuhan mendesak pengungsi seperti pakaian dalam, selimut, sabun, odol, sikat gigi, pembalut wanita, popok bayi dan beberapa sembako lainnya. Rp 1,5 juta-nya lagi akan kami sumbangkan lewat HU Kedaulatan Rakyat (KR) dengan pertimbangan bahwa KR pasti akan mengubah uang itu dalam bentuk pembangunan infrastruktur yang sifatnya jangka panjang. Sisanya Rp 600 ribu dipake buat segala keperluan PIA.
Selesai rapat, aku, Kristin dan Monic langsung belanja beberapa logistik yang tempat dan harganya bisa kami jangkau di supermarket termasuk perlengkapan untuk PIA besok. Kami sangat bersemangat waktu itu. Tak sabar menunggu besok. Rolling on the floor laughing
4
… Besok pun tiba … hehe
Jam 8 pagi kami bertiga menuju Pasar Bringharjo buat belanja logistik yang sudah kami list. Waktu itu kami pake bus way; Trans Jogja. Wuuuuiihh.. capeknya keliling Bringharjo.. tapi tetap semangat. ^o^
Jam 11.30 kami pulang ke kostku istirahat sebentar lalu lanjut ke kampus buat ikut TM. Ternyata TM-nya ngaret.. mulainya baru jam 2. Behh.. mana kita bertiga belum makan lagi. hhuuufftt…
Habis TM kita makan – di UKM. Sambil nunggu sore kita ngurusin semuanya buat PIA nanti sore. Kita latihan nyanyi lagu-lagu Sekolah Minggu. Untung dulu aku rajin ikut Sekolah Minggu, jadinya lagu-lagunya masih berbekas di kepala. Yang lucu waktu itu pas ngafalin gerakan lagu Aram Sam Sam. Kocak banget waktu itu..haha
Sorenya, kali pertama kami bertemu anak-anak itu. Agak lama sih nungguin mereka tapi tak apalah, waktunya bisa dipake buat foto-foto. Jiiaahh..
Hari pertama ini mereka semuanya masih malu-malu Cat face, wajarlah.. baru pertama, anak-anak pula. Kami mulai dengan berdoa. Habis berdoa, perkenalan, nyanyi-nyanyi pake gerakan yang jalan-jalan, muter-muter, nari-nari. Nyanyi-nyanyi tuh ternyata bikin rileks, jadinya udah nyaman.
Nama anak-anak itu yang aku ingat:
Bagus – super kids, hyper active
Yudhi – pinter banget nih
Yovita – blasteran Jawa-Papua; suka marah kalo dipanggil dengan sebutan “Mace..”
?? - paling semangat kalo nyanyi Kucing Meong-Meong
Monika – Paling disayang Monic, mentang-mentang namanya sama.
Nyogra – kecil imut-imut, manja, suka minta digendong.
Febi, Diana – hampir masuk masa ABG, dan masih keep contact sama aku sampe sekarang.


… bersambung

0 Comments