Siapa sudah pernah ke Flores? Setuju kan kalau Nusa Bunga ini “extra-ordinary ”? Apalagi wisata baharinya. Bukan cuma Flores sih, sesungguhnya tanah air kita ini memang merupakan kawasan kepulauan dengan pantai yang indah-indah, salah satunya Pantai Koka.

Mungkin (baca: semoga) sudah banyak yang mendengar tentang Pantai Koka yang terletak di Paga, Kabupaten Sikka, Flores ini. Yup, pantai pasir putih dengan pemandangan yang super keren ini memang dalam dua tahun belakangan mulai popular. 

Rabu, 17 September kemarin saya bersama sahabat saya Barbara dan Brenda ber-backpacker ria ke pantai yang masih alami dan asri ini.

Perjalanan  kami menuju Pantai Koka memang membutuhkan semangat dan tekad (haha) karena selain jaraknya yang jauh dari pusat kota Maumere – sekitar … Km, terdapat jalan yang rusak dengan kategori parah sekali. Meski demikian tak perlu khawatir, jalan yang rusak itu sedang dalam proyek perbaikan. Sedangkan jalan Maumere-Paga adalah jalan hot mix meski berkelok-kelok. Pemandangan sepanjang jalan juga menyegarkan dan tak bikin ngantuk. Rute dari Maumere pun tak rumit: tinggal jalan menuju arah selatan Maumere, melewati Nita dan lurus saja terus ke Paga  sampai ketemu papan nama Pantai Koka. Dari jalan raya masuk sekitar 1,5 Km (melewati jalan yang saya bilang rusak parah) dan tadaaaa ‘welcome to Koka!

Perjalanan kami tempuh dari pukul 12:40 sampai pukul 13:30 alias waktu tempuhnya kurang dari sejam. Kami bertiga pergi dengan mengendarai dua motor. Kedua teman saya ini pantas dijuluki Rossi dan Stoner (haha). Tangguh banget! Jadi ingat The Three Musketeers … haha

Mungkin karena kami pergi pada hari kerja makanya tak ada satu pun pengunjung di pantai ini, kecuali seorang warga setempat yang datang untuk memungut biaya parkir dan langsung pergi tanpa jejak. Saking sepinya toilet umum pun tak bisa dipakai karena dikunci sama pemiliknya. Whatever, pantai ini jadi milik kami bertiga hari ini. Yeeaaayy!!
 
Objek wisata di Koka tidak hanya pantai berpasir putih dengan ombak yang ‘nendang,’ tapi ada juga bukit, batu-batu besar, ada juga yang tampak seperti  gua tapi kami tak ke sana karena keburu waktu. Pantai ini seperti diapit oleh dua bukit di kiri dan kanannya. Keren kan? Pokoknya semua aspek panoramanya T-O-P! Buat para pemilik minat dan bakat dalam bidang melancong, fotografi, adventure; don’t miss this beach!  Di sini kita tak cuma bisa foto-foto, tapi bisa juga berenang, sun bathing tentunya, volley pantai, dan panjat tebing. Tak percaya? The photos below will tell you! ;)





Rasanya tidak cukup berada di sini cuma tiga jam. Tapi mengingat waktu dan kondisi jalan apalagi kami bertiga cewek jadi harus pulang sebelum senja. Lain kali kalau ke Koka mau keluar dari Maumere pagi-pagi subuh dan pulang setelah sunset biar puas :DD but anyway, thank God I finally was there! 

*Di Pantai Koka tak ada yang jualan asupan makanan, so siapkan amunisi lengkap ya!
Super Girls!
Buat Barbara & Brenda foto yang ada mukanya kalian menyusul e, tunggu sa copy. Haha..

2 Comments

  1. setuju kak, pantai2 di flores banyak yg jernih :D
    aku belum sampai ke koka beach

    ReplyDelete
    Replies
    1. Recommended dear! Yah lumayan lebih indah dari Pantai Anabara haha :DD

      Delete