Hutan Pinus Mangunan Imogiri adalah sebuah hutan lindung homogen yang saat ini sedang hits sekali di Yogyakarta dan sekitarnya. Letaknya tidak jauh dari Kota Jogja, hanya butuh waktu satu jam dari Kota Jogja untuk sampai ke sana. Hutan Pinus Mangunan ini berada di Desa Muntuk Dlingo, Bantul, Yogyakarta, tepatnya di jalan yang menghubungkan antara Imogiri dengan Dlingo, Bantul. Dari Jogja ambil jalan ke arah ringroad selatan kemudian ambil jalan ke arah Imogiri Timur. Tak perlu takut tersesat karena banyak plang penunjuk arah menuju Hutan Pinus Mangunan. Jalannya pun meski berkelok-kelok namun mulus dan beraspal. 


Saya ke hutan pinus ini masih bersama personel yang sama sewaktu ke perkebunan teh Kulonprogo. Semangat jalan-jalan setelah dari Kulonprogo makin berapi-api haha.Apa lagi kemarin waktu di Wisata Nglinggo tidak sempat menelusuri hutan pinusnya.
Kami berangkat sekitar pukul 11.00 siang (Senin 13/7) dan menikmati sejuk segarnya hutan pinus ini. Saat tiba pertama kali, saya langsung membayangkan film Twilight. Tempat ini sangat mirip dengan hutan yang ada di beberapa scene film Twilight. :) Rasanya senang sekali bisa ke sini. Udaranya jelas teramat segar. Area hutannya cukup luas dan disediakan tempat duduk dari batang pohon buat kita yang ingin nongkrong. Deretan pohon pinusnya yang menjulang tinggi menjadi pemandangan yang sangat epic. Tidak heran kalau banyak anak muda Jogja yang hunting foto di sini, mulai dari foto buat share aka pamer di socmed (hihi), koleksi pribadi sampai pre-wedding dan foto profesional lainnya. 

Di sini saya dan teman-teman duduk-duduk bercerita di bawah rimbunnya hutan pinus ini, foto-foto dan makan bersama bekal yang kami bawa dari Jogja (masakannya Elda hehe). Saya kira hutan pinus ini cocok sekali buat kita yang sesewaktu butuh kesunyian dan menikmati me time. Asal datang sendiri di hari biasa bukan hari libur, tentunya dengan membawa buku dan mp3 player. Worth to try!

Setelah puas menikmati hutan pinus, kami melanjutkan perjalanan menuju Kebun Buah Mangunan yang letaknya tidak jauh dari hutan pinus. Oh ya, masuk ke hutan pinus bebas biaya retribusi alias FREE! Cukup membayar parkir Rp 2000,- untuk motor dan Rp 5000,- untuk mobil.

Sesuai namanya, Kebun Buah Mangunan dikonsentrasikan untuk tanaman buah-buahan. Untuk masuk kesini dikenakan biaya retribusi sebesar Rp 5000,- per orang. Kebunnya luas, ada tempat pembibitan  pohon organik. Sayangnya waktu kami pergi kebunnya kering dan tampak kurang produktif. Lagi pula ada larangan memetik buah di area kebun. Tapi  sama sekali tidak menjadi masalah bagi kami. Tujuan utama kami ke sini bukan mencari buah, melainkan melihat pemandangan dari Puncak Mangunan. :D Pemandangannya baguuuuuuss banget! Dari puncak ini terlihat bukit-bukit hijau serta perkampungan dengan keindahan sungai opak.

 ... Hutan Pinus Mangunan ...


Bunga  pinus; hiasan pohon Natal.







... Kebun Buah Mangunan ...

Ah, Indonesia .. cantik sekali!
 



Finalis Papipar DIY :D
Ga mau pulang kalo begini :D
  
PS. Selalu ingat untuk buang sampah pada tempatnya ya.

0 Comments