Tawangmangu merupakan kawasan wisata pegunungan yang sangat sejuk, subur dikelilingi oleh hutan dan perbukitan terletak di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Tak heran kalau Tawangmangu juga dikenal dengan produksi sayur-mayurnya. Lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Solo, paling memakan waktu kurang lebih satu jam saja. Sesuai judulnya, kita pasti langsung bisa menebak kalau obyek utama wisata di lereng Gunung Lawu ini adalah air terjun. Air terjun setinggi 81 m ini sebenarnya bernama Grojogan Sewu yang berarti seribu air terjun. Tetapi sering juga disebut Air Terjun Tawang Mangu karena mengacu pada lokasinya. Selain air terjun utama terdapat pula beberapa titik air terjun di sekitarnya yang dapat dinikmati.

Waktu itu saya pergi bersama keluarga saya di Karanganyar, dan semuanya sedang tidak ingin bermain air dan lebih memilih untuk menikmati saja. Tanpa basa-basi saya langsung mengantarkan diri menuju air terjun. Harus ekstra hati-hati untuk menuju ke air terjunnya, sebab semakin mendekati air terjunnya semakin dalam dan licin bebatuan di dasarnya. Derasnya air terjun ini juga benar-benar memacu adrenalin :D Jadi saya tidak berlama-lama di bawah air terjun utama dan langsung beralih ke air terjun yang lain. Meski tidak setinggi air terjun utama derasnya juga tidak bisa diremehkan. Pas sekali untuk melepas penat sekaligus pijat alam gratis.


Untuk HTM-nya (per November 2011) saya lupa. Maaf :) Di kompleks wisata hutan ini terdapat banyak kera yang hidup bebas berkeliaran tetapi tetap jinak. Tersedia juga beberapa fasilitas yang menunjang kenyamanan berekreasi seperti kolam renang, mushola, warung makan, tempat istirahat, kios cinderamata & buah-buahan serta yang tak kalah penting MCK. Jangan lewatkan kesempatan makan sate kelinci di sini. Harganya Rp 10.000,- per porsi.


Meskipun jaraknya yang dekat dengan akses transportasi yang memadai di mana pengunjung dimudahkan untuk bisa langsung pulang, banyak juga wisatawan yang memilih untuk menginap beberapa hari di sana. Sudah terdapat banyak macam penginapan di kawasan ini baik villa, hotel ataupun penginapan biasa. Oh ya, katanya pendakian ke puncak Gunung Lawu bisa dimulai dari Tawangmangu ... wish someday I could ^^

Pemerintah memang menyadari potensi wisata ini sehingga akses ke obyek wisata benar-benar diperhatikan terutama jalur transportasinya yang dirawat dan diperbaiki secara berkala. Hal ini membuat perjalanan ke Tawangmangu sangat menyenangkan, kita melewati perbukitan dan melintas di tengah-tengah lahan pertanian yang asri dengan pemandangan yang hijau dan natural di kiri dan kanan jalan. Patut diapresiasi dan dicontoh oleh pemerintah-pemerintah daerah lain, terlebih kawasan Indonesia Timur yang tak kalah menarik alamnya.


2 Comments

  1. dulu penah kesini, tapi kgak sempet mampir, cuman lewat tok.. :D

    ReplyDelete
  2. :DD Lain kali harus ni.. Air terjunnya luar biasa.
    Makasih ya sudah berkunjung..

    ReplyDelete