“Let the music heal your soul…
Let the music control…
Let the music give you the power to move any mountain”
Bravo All Star

Nggak lebay juga sih kalo dibilang musik itu adalah sebuah keajaiban seni. Perasaan kita bisa dibuat klepek-klepek, tersayat-tersayat, luar biasa bahagia atau malah jadi marah-marah nggak karuan. =) Bisa saya pastikan kalo semua orang segala usia, segala kalangan suka atau bahkan punya hobi yang berkaitan dengan musik. Entah itu bermain musik, menyanyi, menyenandungkan atau sekedar menikmati.
Kenapa sih begitu? Jawabannya karena musik bisa membuat kita tambah cerdas, menyehatkan tubuh, menenangkan pikiran dan jiwa. Ajaib kan?



What is Music??
Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu, mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan semangat bagi yang mendengarnya.

Musik buat Kecerdasan
Sebuah studi membuktikan bahwa musik itu sangat berkaitan dengan perkembangan otak sejak dini dan meningkatkan performa akademik secara keseluruhan.

Meningkatkan Fungsi Otak
Latihan bermusik bisa meningkatkan volume fungsi otak sejak kecil. Setelah latihan selama enam bulan anak yang mendapat latihan piano/keyboard secara unik mengalami peningkatan nilai dalam peajaran berhitung. Ini membuktikan bahwa musik bisa meningkatkan fungsi otak untuk matematika, catur, IPA dan bidang teknik.

Meningkatkan skor IQ
Musik klasik kayak Mozart Piano Sonata K448 bisa meningkatkan nilai mata pelajaran dan skor IQ setelah mendengarkan musik itu selama 10 menit. Coba mulai sekarang lebih akrab sama musik klasik yuk.. jenis musik itu nggak berkesan tua kok, malah punya manfaat besar.

Meningkatkan banyak keterampilan penting
Aktivitas bermusik membantu meningkatkan beberapa keterampilan seperti kondisi fisik, ketepatan waktu, ingatan, penglihatan dan bahasa. Ini bisa membantu saat berorganisasi dan bekerja kelak.

Musik buat kesehatan
Musik itu sangat menyehatkan. Itu nggak bohong. Buktinya dalam beberapa rumah sakit di Amrik para dokter menggunakan musik untuk para pasiennya untuk meningkatkan gairah hidup, mengurangi pikiran buruk tentang rasa sakit dan menambah detak jantung dan nafas. Selain itu juga dapat mengurangi takutnya diisolasi. Terus, kalo kamu ikut kelas senam, kamu bakal dapatin kelas-kelas dengan berbagai jenis musik yang berbeda, dari mulai kelas hip-hop, country, original soundtrack, bahkan lagu-lagu oldies. Gimana ya kalo kelas senam tanpa musik?? Garing banget kali yaa.. Krick… krick.. :”)

Efek relaxing dari musik
Kamu tahu nggak kalo musik dengan tempo yang lambat bisa menimbulkan efek menenangkan? Inget waktu lagi stress karena mau ujian, kamu lebih memilih lagu-lagu slow ketimbang yang nge-beat? Itu karena musik slow bisa melonggarkan pernafasan sehingga kamu bisa bernafas lebih lambat, dan bisa menurunkan tekanan darah dan detak jantung.
Nggak salah kan kalau olah raga yoga juga menggunakan lagu-lagu new age yang slow seperti Enya untuk mengiringi latihan? Yah, selain untuk menambah konsentrasi, jenis musik ini juga bisa berefek menenangkan buat kita.



Tips Mendengarkan Musik Kalau Lagi Merasa Bad Mood:

      Pilihlah musik yang tepat. Maksudnya kalo kamu lagi marah, pilih lagu yang ringan seperti Norah Jones, sedangkan kalo lagi down pilih lagu yang bisa bikin semangat.
      Pake speaker biar seluruh sel dari tubuhmu bisa mendengar lagu itu. Jangan gunakan headphone, gunakan speaker.
      Siapkan dirimu sepenuhnya untuk mendengarkan. Buatlah dirimu serileks mungkin. Berdiri atau duduk dengan santai dan tarik nafas perlahan.
      Dengarkan seluruh bagian lagu. Pilih waktu yang tepat untuk mendengarkanmusik tanpa interupsi, agar hasil yang didapatkan bisa lebih optimal.
      Fokus. Jangan lakukan hal apapun saat mendengarkan musik, konsentrasilah pada musik.
      Biarkan tubuh meresponnya, bergerak mengikuti alur lagu. Kalau mau menagis, menangislah.. kalau mau bergerak, bergeraklah.
      Dengarkan dengan aktif. Konsentrasi dan rasakan berbagai sensasi pikiran dan perasaan.
      Rasakan hubungan antara badan dan pikiran. Saat dengarkan musik pikiranmu akan terasa tenang dan itu akan memengaruhi tubuhmu. Buktikan aja!
      Nikmati keheningan. Saat musik berhenti, cobalah menikmati keheningan itu sesaat untuk menyatukan perasaanmu.
      Pakailah diary. Rekamlah perasaanmu saat mendengarkan lagu, hitung-hitung latihan jadi penulis.. he..he..he..


dari berbagai sumber

0 Comments