Hutan Besar, sudah 20-an tahun aku hidup dan hari ini baru aku sadar bahwa lari dari masalah hanya akan membuatnya tambah parah. Banyak pelajaran yang aku peroleh dari berbagai pengalaman hidupku, dan sekarang aku camkan bahwa memang masalah harus dihadapi karena dia akan selalu ada. Masalah akan selamanya jadi masalah jika tidak dihadapi. Sekeras apapun usaha menyembunyikannya, dia akan menemukan jalan untuk muncul lagi di depan mukaku. Kemunculannya selalu sukses mengganggu pikiran dan membuatku merasa tak nyaman, tepatnya seperti malas memulai usaha untuk mengurai benang yang sudah kusut.
Tapi saat masalah itu sudah berani aku hadapi, ternyata semuanya terasa lebih ringan. Lalu giliranku bertanya-tanya dan menyesal sendiri: kalau dihadapi saja bisa selesai, kenapa kemarin aku harus repot-repot menghindar terus? 

0 Comments