Hi girls..

Sejak awal 2017 aku merelakan rambut keritingku dan meluruskannya dengan smoothing di salon. Sampai hari ini, aku sudah empat kali smoothing. Aku berusaha sebisa mungkin menahan diri untuk smoothing sekali setahun. Dan smoothing terakhir aku berhasil. Aku smoothing November 2019, sebelumnya November 2018, Desember 2017, dan Maret 2017.

Ciwik-ciwik dengan rambut smoothing tentu akrab dengan masalah rambut kering, rontok dan bercabang. Itu juga yang aku hadapi. Dan setiap selesai smoothing, tukang salon pasti pesan, "Rajin-rajin hair spa ya.."

Nah, tarif hair spa di salon tentu mahal. Makanya aku selalu hair spa di rumah. Supaya rambut sehat, kuat, terawat tetapi tidak sampai merobek kantong. Biasanya aku lakukan perawatan ini dua minggu sekali.

Ini langkah-langkahnya!

1. Panaskan 1 sdm minyak kelapa murni atau virgin coconut oil. Kalau tidak ada, bisa ganti dengan minyak zaitun. Lalu, usap-usap ke kepala sambil dipijat lembut.

2. Rendam handuk di air hangat, peras, lalu bungkus rambut kira-kira 5 menit. Aku biasanya handuk aku rendam sebelum pijat kepala dengan minyak kelapa. Airnya juga cukup panas karena kalau sudah diperas, handuknya cepat sekali berubah suhu jadi dingin. Tapi bukan air mendidih 100 derajat Celcius ya, karena akan susah saat diperas.

3. Keramas dengan air dingin. Aku pakai Makarizo Hair Energy Fibertherapy Conditioning Shampoo, variannya ganti-ganti tapi paling sering royal jelly. Saat keramas pijat rambut dengan ujung jari ya bukan kuku. Selesai keramas peras rambut, pastikan tidak menetes.

4. Masker rambut. Aku pakai produk hair mask dari Makarizo juga: Hair Energy Fibertherapy Hair & Scalp Cream yang wanginya bisa tahan sampai 2 hari. Aplikasikan dari kulit kepala sampai ke ujung rambut. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat kemudian pijat.

5. Bungkus kembali rambut dengan handuk hangat. Diamkan selama 5 menit. Tujuannya membantu nutrisi yang ada dalam produk rambut ini lebih terserap.

6.  Bilas rambut dengan air dingin dan selesai. Biasanya aku tetap pakai hair mask yang selalu aku pakai tiap selesai keramas karena rambutku tipe yang kering sekali. Aku pakai Makarizo Advisor Hair Repair Mask. Kamu bisa gantikan dengan conditioner. Tapi kalau kamu rasa rambutmu bukan yang tipe kering sekali, kamu bisa lewati langkah ini.

Hair spa selesai! Akan lebih baik jika dilakukan sekali seminggu.



Setelah Hair Spa / Keramas

Sekarang perawatan setelah hair spa yang juga selalu aku lakukan setiap selesai keramas.

1.  Selesai proses keramas, aplikasikan tonik rambut. Yup, saat rambut masih basah tapi sudah diseka dengan handuk sehingga tidak sampai menetes. Aku pakai Makarizo Advisor Hair & Scalp Tonic. Semprotkan pada area pangkal rambut lalu pijat perlahan. Langkah ini untuk mengurangi rambut rontok.

2. Saat rambut sudah hampir kering, aplikasikan vitamin rambut, aku pakai Makarizo Advisor Vitamax. Aplikasikan di batang rambut ya terutama ujung-ujung rambut yang rapuh, tidak perlu sampai di kulit kepala.

Tadaaa.. Rangkaian perawatan rambut sudah selesai! Biasanya setelah ini selesai aku mulai catok. Catoknya tanpa khawatir karena sudah kasih nutrisi duluan ke rambut. Rambut jadi halus, wangi dan sehat.

Tentu saja kamu tidak harus pakai produk Makarizo sama seperti yang aku pakai. Kamu bisa pilih produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan rambut kamu dan sesuai dengan budget. Penting untuk baca keterangan produk dan sebaiknya kita pakai satu merk untuk rangkaian perawatan rambut kita.

Oh ya, karena rambut smoothing rentan rontok sekali, pakai sisir bergigi jarang ya!

Aku ke salon rambut biasanya untuk catok itupun kalau lagi malas atau capek minta ampun. Perawatan lainnya aku lakukan di rumah seperti langkah di atas. Kalau aku creambath di salon, biasanya karena sedang ada promo creambath + catok. Nah, biarpun di salon, aku selalu bawa perlengkapan perawatan rambutku. Tidak ada yang salah kok. Rambut kita, kita yang paling tahu produk mana yang cocok.

Kalau kamu ada masukan lain tambahkan di kolom komentar ya!

Semoga bermanfaat. Cheers!

0 Comments