Oh kiss me beneath the milky twilight
Lead me out on the moonlit floor
Lift your open hand
Strike up the band and make the fireflies dance
Silver moon’s sparkling
So kiss me!!!
-Kiss Me
Sixpence None The Richer




Apa yang kamu dapatkan dari sebuah ciuman? Ungkapan cinta, nafsu, atau sebuah simbol seks yang tersembunyi? Ciuman mungkin bisa bikin pelakunya lebih sehat secara fisik atau psikis. Artinya, di samping memuaskan hasrat, ciuman memang punya manfaat nyata. Tapi, ciuman ternyata juga bisa menjadi vektor (perantara) menularnya penyakit-penyakit tertentu.


And the story goes…


Kenapa ada ciuman dalam kehidupan kita? Kalau kamu melihat seekor induk burung lagi ngasih makan anaknya, kamu bakal sadar kalau aktivitas yang disebut mencium antara mulut yang satu dengan yang lain bermula dari cara kuno yang dilakukan induk burung waktu member makan anaknya. Istilah kiss yang artinya mencium dalam bahasa Indonesia berasal dari istilah Inggris kuno, cyssan yang muncul sebelum Abad XX. Dan adanya bermacam-macam jenis ciuman juga punya sejarah tersendiri.

French Kiss (Ciuman Perancis) ada pada awal tahun 1920-an

Kata Perancis (French) yang disebut di sini sebenarnya bukan karena ciuman dengan lidah ini adalah ciuman khas Perancis. Ciuman semacam ini bisa kita temuin dalam berbagai budaya, ada yang menyebut ciuman lidah, ciuman basah, atau soul kissing. Orang-orang Amerika dan Inggris memberi nama seperti itu karena menganggap orang-orang Perancis sangat liberal dalam hal seks. Dan jangan heran kalau banyak istilah seks dikaitkan dengan Perancis (French). Seperti French disease (sifilis), French love letter (kondom), French postcard (gambar-gambar porno), Frenching (oral seks), dan juga French woman (pelacur).

Ciuman Romantis, dipopulerkan sama orang-orang Eropa

Nggak semua budaya punya gaya ciuman romantis. Orang-orang Teuton, Jerman, Yunani, Romawi, dan juga klan Semit adalah yang mulai mengembangkan gaya ciuman romantis. Kelompok orang-orang ini lalu menyebar ke mana-mana. Orang Cina kuno dan Jepang juga melakukan ciuman, tapi dengan cara yang malu-malu karena nggak mau ketahuan orang lain. Ciuman adalah kegiatan pribadi antara dua orang dan nggak pantas untuk didiskusikan. Orang-orang Cina dan Jepang sempat kaget juga merasa luar biasa dengan kebiasaan orang Eropa yang nggak malu-malu berciuman di depan publik.

Ciuman pipi, bermula di Indian, Amerika Utara

Cewek-cewek Indian Amerika Utara melakukan ciuman dengan cara menempelkan bibir dengan rileks ke pipi seorang cowok tanpa gerakan lain atau suara tertentu. Maksudnya adalah untuk merasakan bau si cowok.

Ciuman Tangan, pertama kali ada di wilayah India dan Arab Peninsula

Di budaya tertentu justru ada kebiasaan lain lagi yaitu orang mencium tangannya sendiri lalu menempelkannya ke dahi orang lain. Ada juga kebudayaan yang lain lagi, waktu dua orang cowok ketemu, mereka akan memberi salam satu sama lain dengan cara mencium secara cepat punggung tangan satu sama lain. Dan di Eropa, ciuman tangan pada seorang cewek dikenal dengan sebutan Handkiss. Ada juga cerita dari Abad pertangahan, di wilayah Timur mengadopsi kebiasaan memakai sarung tangan tipis, baik itu di musim salju atau pun panas untuk menghindari gairah. Sarung tangan dipakai untuk menghindari gejolak yang mungkin timbul waktu ketemu cewek. Kebiasaan mereka justru si cewek yang mencium punggung tangan cowok.

Bahaya penyakit menular!


Ada bahaya yang mengancam waktu ciuman, salah satunya adalah serangan kissing disease yang bisa menular lewat air liur. Di rongga mulut jumlah kuman dan virus yang datang setiap saat banyak banget. Sebagian memang hidup berdampingan secara damai dengan tubuh. Jenis ini bukan mikroorganisme berbahaya dan jasad renik yang perlu ditakuti karena nggak sampai menimbulkan penyakit. Tapi selain jasad renik yang bersahabat, adakalanya rongga mulut juga ditinggali sama bibit penyakit yang nggak friendly. Kalau kuman bersahabat, nggak masalah kalau saling ‘bertukar’ air liur selama berciuman. Tapi ceritanya akan beda dengan kedatangan kuman atau virus yang nggak friendly itu.

  • Serangan-serangan Virus Mulut
Kissing disease” disebakan oleh virus cytomegalo. Infeksi oleh virus ini sering menimpaanak dalam kandungan. Kalau ibu hamil mengidap virus jenis ini, otak anak yang dikandungnya kemungkinan akan rusak. Selain menimpa anak dalam kandungan infeksi virus cytomeglo juga sering menyrang usia dewasa. Virus yang masih satu kerabat dengan virus herpes ini bersifat laten pada tubuh manusia. Dia suka tinggal di kalenjar liur, muncul di air seni, lender leher rahim, sperma, air susu ibu, dan darah. Penularan virus ini selain lewat berciuman, bisa juga lewat transplantasi organ, donor darah, atau persalinan, dan oral seks. Hampir sebagian besar orang dewasa pernah terkena virus ini dan umumnya waktu masih remaja. Gejala “Kissing Disease” hampir sama dengan gejala flu, demam, radang tenggorokan, badan capek-capek, dan pegal linu. Tapi yang membedakan adalah hati dan limpa membengkak, dan serangan yang mirip sama gejala flu ini terjadi lebih lama sampai dua mingguan. “Kissing Disease” disebut juga penyakit “mononucleosis”. Penyakit ini bisa disembuhkan dengan obat anti-virus.

Selain virus cytomegalo, ada 4 jenis virus lain yang berpotensi ditularkan lewat berciuman, yaitu virus Epstein-Barr, virus Herpes-6, virus Hepatitis, dan virus HIV penular AIDS sendiri, serta parasit toxoplasma. Yang perlu dicemaskan dari serangan virus-virus tersebut adalah virus dan kuman tertentu yang beredar dalam darah, juga berpotensi menimbulkan kerusakan pembuluh darah koroner. Selain itu, kehadiran mereka juga ikut menyokong terbentuknya penyakit jantung koroner. Termasuk peranannya pada kemunculan penyakit keletihan menahun (chronic fatigue syndrome).


Kalau gitu, ciuman boleh nggak?

  • Ciuman boleh-boleh saja kalau untuk mengekspresikan rasa saying kamu. Sekarang kan kamu udah tahu seluk-beluk seputar ciuman termasuk resiko tertular penyakit. Tapi sebelum memutuskan untuk ciuman, kamu harus punya keyakinan kalau kamu melakukan ciuman dengan orang yang tepat di saat yang tepat juga. Dan kamu harus punya alasan-alasan ini:
  • Chemistry udah bikin kamu dan dia merasa cocok dan nyaman satu sama lain. It means, hubungan yang kalian jalani bukan hubungan kilat karena flirting semalam aja, tapi udah pada tahap saling membutuhkan satu sama lain. Kalau kamu melakukan ciuman Cuma untuk coba-coba, apa bedanya kamu sama anak kecil yang lagi belajar ciuman.
  • Pilih waktu dan tempat yang sesuai. Jangan sekali-kali melakukan adegan ciuman di tempat umum. Selain masih berlakunya norma sosial di masyarakat, ciuman juga merupakan hal paling pribadi yang nggak semua orang harus melihatnya. Ingat, ciuman adalah ungkapan rasa sayang yang mendalam.
  • Are you ready for that? Siap di sini adalah nggak cuma perasaan dan kondisi kamu yang siap untuk dapat ciuman dari orang yang kamu sayang, tapi juga tahu akan resiko yang akan kamu terima. Kalau kamu belum siap, kamu punya hak penuh untuk menolak ciuman dari dia. Jangan biarkan dia memaksa kamu untuk melakukan sesuatu yang kamu nggak suka. Nggak ada satu orang pun yang punya hak untuk memaksa kamu termasuk pacar sendiri!


Mendeteksi makna sebuah ciuman:


Ada beberapa arti ciuman yang kamu terima:

  • Ciuman kening: tanda kasih sayang yang mendalam agar hal itu selalu ada dalam ingatan.
  • Ciuman pipi: ciuman kasih sayang sebagai ungkapan betapa manis dan lucunya kamu.
  • Ciuman tangan: ciuman penghormatan betapa berharganya kamu untuk dia, dan betapa terpesonanya dia sama kamu.
  • Ciuman kepala: hembusan nafas yang ditiupkannya lewat ciumannya adalah keinginannya untuk bisa menyatu dalam jiwamu.
  • Ciuman bibir:
  •  Ciuman kecil: dia lagi menguji kamu dengan mendaratkan ciuman kecil ke bibirmu untuk tahu gimana reaksimu selanjutnya.
  • Ciuman mendalam: ciuman ini dilakukan dengan memainkan lidah satu sama lain. You know? Ciuman ini bisa jadi ciuman paling romantis yang kamu terima kalau dilakukan di saat yang tepat dengan suasana hening dan penuh cinta.
  • Ciuman nafsu: dilakukan tiba-tiba tanpa kata tanpa isyarat dan Ciuman ini Cuma bisa menggambarkan betapa besar nafsu dia ke kamu. Kalau kamu menghendaki ciuman itu, silakan tanggapi. Kalau nggak, segera tepis bibirnya dari bibirmu.
Secara teknis, ciuman mulut dilakukan dengan membuat kontraksi pada dua otot orbicularis di bibir waktu bibir-bibir itu diadu.

Kisses Stories

  • Saat seorang bayi lahir, dia akan mengisap payudara si ibunya tanpa harus diajari. Teknik yang digumakan nyaris sama dengan mencium. Artinya, ciuman adalah insting dasar manusia.
  • Banyak penelitian menegaskan kalau cewek ternyata menikmati ciuman lebih lama daripada cowok. Karena itulah kenapa cewek-cewek lebih gampang mengimgat pengalaman ciuman romantis mereka yang pertama kali daripada cowok-cowok.
  • Gimana sakralnya sebuah ciuman dapat kamu lihat di film lama Never Been Kissed atau She’s All That.






Dari berbagai sumber

0 Comments