Pantai Pok Tunggal merupakan salah satu pantai di kawasan wisata pantai Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 2 jam-an dari Jogja. Untuk sampai ke Pantai Pok Tunggal dibutuhkan kesabaran karena medannya yang menantang dan jaraknya yang jauh dibanding pantai-pantai lain. Lepas dari jalan raya kawasan wisata pantai kita akan masuk melewati jalan berbatu setapak yang terjal. So dibutuhkan perhatian extra saat mengemudi kendaraan. Namun ketika sampai di pantainya lelah akibat perjalanan yang jauh dan kondisi jalan yang memacu adrenalin ini akan terbayar.

Kami tiba sekitar pukul 15:30 dan langsung naik menyusuri jalan berbatu di bukit karang menuju salah satu pondok untuk menikmati makan siang yang tertunda (banget). Seperti biasa Elda selalu menyiapkan bekal tiap kali kami pelesir.
Dari atas bukit karang ini tampak hamparan pemandangan Pantai Pok Tunggal yang sangat indah. Sepanjang mata memandang berisikan deburan ombak yang menggapai hamparan pasir putih seolah tak ingin berpisah. Benar-benar mujarab buat melepas lelah perjalanan & rutinitas hidup. Pantai ini makin mempesona karena berada di sisi tebing karang yang kokoh.

Setelah beberapa jam bermain di bibir pantai baru kami menyadari pohon duras yang tumbuh sebatang kara di tepi pantai ini. Namun yang istimewa dari pohon ini adalah bahwa ia mampu tumbuh di pasir pantai yang bukan merupakan tanah subur. Pohon inilah yang menjadi ikon Pantai Pok Tunggal.

Di pantai ini kami menyaksikan mentari yang terbenam, kembali ke cakrawala dengan begitu lembutnya. Rasanya sunset adalah daya tarik terbesar dari Pok Tunggal. Indaaaaah sekali. Lalu kami menyusuri pantai ke arah barat menuju jembatan yang terbuat dari susunan bambu. Lumayan buat uji nyali apalagi saat angin malam di pantai mulai berhembus dari lautan.

Beberapa saat kemudian kami kembali berkumpul di tepi pantai bercerita sambil menyaksikan rembulan yang mulai bersinar menggantikan sang mentari. Di belakang kami terdapat teman-teman muda lain yang camping, mendirikan tenda dome di pantai ini. Pantai Pok Tunggal yang masih sepi memang pantas buat camping mengakrabkan teman-teman komunitas.

Sekitar pukul 19:30 kami pun bergegas kembali ke Jogja.


Pulang dari Pantai Pok Tunggal kami mampir di Bukit Bintang
PS. Kalo berangkat rame-rame sama gengs harus saling mengawasi agar tidak ada yang tertinggal dalam perjalanan - as we did :DD


0 Comments