Holaa..!

Aku baru mulai belajar (mencintai) masak belum lama, baru sekitar dua tahun. Nanti aku ceritakan di artikel berbeda. Sebenarnya sudah banyak hasil masakan aku yang ingin aku simpan dan tulis resepnya di blog ini. Namun, klasik alasannya: mager dan suka menunda bikin resep-resep itu tak kunjung terealisasikan.

Tapi, dari kemarin aku tidak sabar mau bagikan resep tomyam. Soalnya kemarin kali kedua aku masak sup asal Thailand yang asam-asam segar ini dan berhasil lagi. Pertama aku pikir untung-untungan. Hihi..

So, this is it!

Bahan:
Bahan Utama
Udang
Cumi, bersihkan buang tintanya
Bakso
Wortel
Labu siam
*Lauk dan sayur bisa diubah sesuai selera, bisa tambahkan bihun

Bumbu Halus (1)
Bawang merah
Bawang putih
Kemiri
Cabe merah besar
Cabe keriting
Cabe rawit

Bumbu 2
Serai segar geprek
Lengkuas geprek
Jahe geprek
Daun jeruk, buang tulangnya
Kecap asin
Kecap ikan
Lada bubuk
Garam

Jeruk nipis, peras - makin banyak makin baik.
Tomat, jangan yang matang

Air

Cara Memasak

1. Tumis bumbu halus. Lalu masukkan serai, lengkuas, jahe, daun jeruk. Kalau sudah harum masukkan air dan tunggu sampai mendidih.

2. Masukkan bahan-bahan utama. Urutkan berdasar kecepatan matangnya ya.

3. Bila semua bahan sudah hampir matang, masukkan duo kecap, lada, garam, perasan jeruk nipis dan tomat.

4. Koreksi rasa. Angkat dan sajikan bila sayuran sudah layu. Sajikan panas-panas ya!

Gampang bukan?

Pertama kali mengenal tomyam di Jogja. Di sana ada restoran Thailand favorit aku dan teman-teman. Namanya Phuket. Zaman kuliah kalau makan di Phuket berarti lagi ada yang traktir ulang tahun atau wisuda haha.. Soalnya untuk harga anak kost Jogja cukup mahal.
Sekarang kalau tiap ke Jogja hampir pasti mampir ke Phuket.

Selamat mencoba ya!

0 Comments