Pertama lihat foto ini, langsung ingat masa kecil.
Biasanya kalo Bapa pulang kantor bawa Kunang-Kunang di tangan, langsung semangat. Oh ia, biasanya Bapa bawa Kunang-Kunang sepaket dengan majalah HIDUP (promo, ehm).
Begitu Kunang-Kunang sudah di tangan, hal pertama yang dilakukan adalah bukan buka itu majalah, tetapi liat si Bobi di cover belakang.
Majalah Kunang-Kunang punya status istimewa di rumah. Waktu SD sering ada tugas kliping. Pernah ada tugas kliping gambar-gambar pemandangan alam. Meskipun ada ilustrasi-ilustrasi itu di Kunang-Kunang, saya tidak tega gunting ini majalah. Lalu saya gunting dari koran Flores Pos yang baru terbit beberapa hari lalu.
Langsung Bapa mengamuk. Hahaha.. Aturan di rumah: koran dan majalah yang boleh digunting untuk kliping adalah yang terbit di edisi tahun lalu.
Sesayang itu sama Kunang-Kunang, sampai ada satu cerpen yang masih saya ingat baik dari majalah terbitan Nusa Indah ini, judulnya Natal Tuan Conrad. Astaga.. Jadi pingin obrak-abrik lagi ini majalah.
Hari Buku kemarin, ada akun bookstagram yang tanya apa bacaan pertamamu yang buat kamu jadi suka membaca? Saya jawab "Majalah Kunang-Kunang" dan saya pikir majalah ini sudah tidak terbit lagi.
Pun kemarin sore, saat ngobrol dengan Ka Evelyn, penggerak Rumah Baca Sukacita Ende, via telfon, Ka Ev sempat singgung majalah Kunang-Kunang. Saya pikir Kunang-Kunang yang masih Ka Ev kumpulkan adalah Kunang-Kunang zaman saya kecil dulu: yang kertasnya cenderung kasar dengan cover didominasi warna biru.
Ternyata, barusan di salah satu grup WhatsApp, Kak Rizal Fernandez, rekan jurnalis, share ini foto dan bilang yang mau langganan majalah ini di daerah Jakarta bisa hubungi dia.
Kaget dong aku.. Ternyata majalah masa kecil ini masih hidup. Bahkan, si Bobi masih ada di halaman belakang. Terharu huhu..
Kunang-Kunang sekarang covernya sudah pake kertas mengkilap, lebih berwarna dan pasti lebih menarik. Semoga bisa terus jadi teman anak-anak mencintai literasi, khususnya anak-anak NTT.
Ka Anna & Oni, please langganan ini majalah.

0 Comments